Roaming Adalah: Definisi, Jenis Layanan, dan Cara Penggunaannya

Roaming Adalah – Bagi para pengguna seluler lawas, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah roaming. Sebuah istilah yang sering dianggap sebagai sahabat sekaligus musuh, terutama bagi para pengguna seluler yang kerap melakukan perjalanan ke luar negeri.

Sesuai dengan definisinya, roaming adalah proses penggunaan layanan telekomunikasi dari provider/operator yang berada di negara lain atau luar negeri, agar bisa tetap tergubung dengan jaringan seluler atau internet.

Baca juga : Provider penjual domain termurah saat ini DomaiNesia

Layanan ini memungkinkan Anda untuk tetap berkomunikasi secara lancar tanpa batasan negara. Nah, jika zaman dahulu roaming hanya berlaku untuk jaringan seluler seperti untuk telepon dan sms, namun saat ini roaming juga sudah diberlakukan untuk jaringan internet.

Artinya, Anda tetap bisa menikmati jaringan internet dari suatu layanan telekomunikasi lokal (berbeda negara) saat sedang berada di luar negeri.

Roaming Adalah

Proses roaming tentu sangat menguntungkan para pengguna telepon genggam. Meski di sisi lain, musuh dari penggunaan paket roaming ini adalah tarif yang jauh lebih mahal. Jika biasanya Anda hanya membutuhkan biaya sekian rupiah untuk melakukan telepon ke dalam negeri, saat menggunakan layanan roaming, tarif yang ditetapkan bisa berkali-kali lipat.

Apa Saja yang Akan Didapat Dengan Membeli Paket Roaming?

Apakah roaming hanya bisa digunakan untuk menelpon antar negara? Tentu saja tidak, proses roaming ini memungkinkan Anda melakukan berbagai aktifitas seluler, seperti:

  • Mengirim pesan SMS ke negara lain
  • Mengisim SMS multimedia atau MMS
  • Melakukan video call
  • Menelepon/menerima telepon dari negara lain
  • Mengakses media sosial dan situs yang membutuhkan jaringan internet.

Dengan layanan yang super lengkap tersebut, Anda tak perlu khawatir karena tidak bisa eksis saat sedang di luar negeri.

Bayangkan saja, saat Anda liburan ke luar negeri kemudian tidak bisa mengakses Instagram dan gagal membuat IG story di objek-objek wisata yang Anda kunjungi. Pasti akan sangat menyebalkan, bukan?

Nah, dengan layanan roaming ini, segala aktifitas telekomunikasi bisa dilakukan selayaknya sedang berada di negara sendiri.

Cara Kerja Roaming Internasional

Dari ulasan di atas, bisa disimpulkan jika roaming adalah proses yang memungkinkan pengguna layanan telekomunikasi untuk tetap bisa melakukan komunikasi dan aktifitas seluler lain meski sedang berada di luar area jangkauan provider lokal (luar negeri).

Lalu bagaimana dengan cara kerja roaming internasional? Proses roaming internasional ini akan terjadi ketika Anda berusaha melakukan komunikasi via telepon atau ingin mengakses jaringan internet seluler (bukan memanfaatkan WiFi bebas dan gratis yang sebenarnya sudah banyak dijumpai di negara-negara maju) saat berada di negara lain.

Baca juga : membuat website dari nol sangat mudah cek disini

Ketika ponsel dihubungkan dengan jaringan internet, biasanya akan muncul peringatan gagal karena tidak ada jaringan tersedia dari provider langganan Anda di negara tersebut.

Nah, untuk mendapatkan akses internet dari provider langganan Anda, maka sebelumnya Anda perlu melakukan pembelian paket roaming terlebih dahulu. Pembayarannya sendiri bisa dilakukan dengan mata uang Rupiah atau menggunakan mata uang negara tujuan Anda.

Namun perlu Anda ketahui, jika tidak semua provider Indonesia memiliki kerjasama dengan provider lokal di luar negeri. Dengan kata lain, tidak semua provider Indonesia menawarkan paket roaming untuk pelanggannya.

Cara Mengaktifkan Roaming Data

Jika fitur roaming pada ponsel Anda belum aktif, Anda bisa mengaktifkannya dengan cara berikut. Namun sebelumnya pastikan jika Anda sudah membeli paket roaming data dari provider terlebih dahulu, baik paket roaming telepon, roaming SMS ataupun roaming internet.

Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan roaming data:

  • Buka menu Setelan pada ponsel Anda
  • Pilih menu Kartu SIM
  • Lalu klik menu Roaming Data
  • Aktifkan roaming data
  • Restart HP Anda, dan fitur roaming sudah bisa digunakan.

Bagaimana Cara Mencegah Roaming agar Terhindar dari Pembengkakan Biaya?

Bagi Anda yang baru pertama pergi ke luar negeri atau belum pernah menggunakan layanan roaming, mungkin Anda akan sedikit kaget jika tarif telepon, SMS maupun internet mendadak membengkak.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika roaming adalah proses yang memungkinkan komunikasi antar negara berjalan lancar namun dengan tarif yang berkali-kali lipat lebih besar.

Pembengkakan biaya inilah yang sering dikeluhkan sebagian orang. Sehingga tidak sedikit pengguna provider lokal Indonesia yang mencari tahu bagaimana cara mencegah roaming demi terhindar dari pembengkakan biaya yang besar.

Berikut ini adalah tips untuk meminimalisir pembengkakan biaya karena roaming data.

  1. Non-aktifkan Roaming

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari hal tersebut adalah menonaktifkan data roaming. Biasanya fitur ini akan otomatis aktif saat Anda sedang berada di luar negeri.

Anda bisa mengubah pengaturan data roaming melalui menu Setting. Kemudian cari menu Kartu SIM atau Data Seluler, lalu pilih data roaming, dan klik non-aktif. Setelah itu, restart smartphone Anda, dansecara otomatis jaringan internet akan tetap bisa diakses tanpa memperhitungkan biaya roaming.

  • Membeli Paket Roaming

Cara keduanya yakni dengan membeli paket roaming data. Meski belum keseluruhan, namun beberapa perusahaan telekomunikasi Indonesia sudah memiliki partner roaming di berbagai negara.

Nah, Anda bisa membeli paket roaming sebelum sampai di negara tujuan. Walaupun harga paket data roaming biasanya jauh lebih tinggi dibanding harga paket internet biasa. Namun cara ini cukup efektif untuk menghemat pengeluaran Anda, dibanding harus membayar biaya roaming tanpa paket.

  • Menggunakan Jaringan WiFi Umum

Selain dua cara di atas, Anda juga bisa menggunakan jaringan WiFi gratis yang sudah banyak tersedia di negara-negara maju. Jaringan WiFi ini biasanya memang diperbolehkan untuk masyarakat umum. Sehingga untuk mengaksesnya Anda tidak perlu memasukkan password.

Hanya saja, ketika Anda menggunakan jaringan WiFi umum seperti ini, sebaiknya hindari melakukan transaksi keuangan via internet. Pengiriman/penerimaan file-file penting via internet pun sebaiknya ditunda terlebih dahulu.

  • Membeli Paket Data Khusus Turis

Terakhir, Anda bisa membeli paket data khusus untuk turis. Paket data khusus untuk turis ini sudah banyak dijual di negara-negara tujuan wisata. Pemakaiannya pun cukup mudah, Anda tidak perlu melakukan pendaftaran menggunakan identitas asli negara tersebut.

Pilihan paket dan variasi layanannya juga beragam. Bahkan, Anda juga bisa membeli paket unlimited dengan masa aktif tertentu. Jadi,  kembali lagi pada kebutuhan dan budget Anda.

Anda bisa mencoba salah satu cara di atas untuk menghindari pembengkakan biaya karena penggunaan layanan roaming data.

Kesimpulan

Penggunaan internet memang telah memudahkan masyarakat luas untuk saling berkomunikasi dan mengakses informasi secara cepat dan tanpa batas ruang. Hanya saja, beberapa kebijakan dan ketentuan menjadikan proses roaming data harus terjadi ketika Anda berada di luar negeri.

Roaming adalah yang proses atau layanan yang memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung dan menikmati layanan seluler ketika sedang keluar dari area jangkaun sinyal provider yang digunakan.

Cara kerjanya yakni dengan menggunakan jaringan dari provider lain yang ada pada negara tujuan. Untuk mengaktifkannya, Anda bisa membeli paket roaming data pada provider yang memiliki partner di negara destinasi Anda.

Tablo
Tablo

Pecinta cabe tapi bukan cabe-cabean

Leave a Comment