Cara Mempercepat IDM

Cara Mempercepat IDM – Siapa yang tidak tahu IDM? Tentu aplikasi tersebut sudah tidak asing lagi didengar dikalangan umum, dan sangat populer. IDM atau Internet Download Manager sebuah program yang bisa mendownload banyak sekali file dari Internet tanpa memerlukan waktu yang lama. Jika dibandingkan dengan program yang lainnya, IDM salah satu aplikasi tercepat yang wajib kalian coba. Namun, nyatanya ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar kecepatan menjadi bertambah.

Cara mempercepat IDM bisa kalian terapkan dengan mengikuti beberapa cara yang akan kami bagikan diartikel ini. IDM sendiri biasanya digunakan pada perangkat laptop. IDM dipercaya bisa mempercepat download jika dibandingkan dengan menggunakan browser biasa. Oleh karena itu, tidak heran jika internet download manager banyak digunakan oleh para pengguna saat ini.

Dan bagi kalian yang belum mengetahui bagaimana cara mempercepat download IDM, namun sebelumnya pastikan kalian telah mengaktifkan idm browser milik kalian masing-masing. Hal ini dilakukan agar bisa langsung digunakan, untuk dapat mendownload di idm. Oleh karena itu, langsung saja simak penjelasan yang akan kami bagikan secara detail sebagi berikut.

Cara Mempercepat IDM

Cara Mempercepat Download IDM

Ketahui bagi kalian untuk bisa mempercepat download di IDM, karena ada beberapa cara tententu bisa kalian lakukan. Bagi kalian penasaran, langsung saja simak uraian lengkapnya yang akan kami jelaskan sebagai berikut.

#1. Batasi Kecepatan

Fitur pertama pada aplikasi IDM adalah membatasi kecepatan. Jika kalian mengaktifkannya, maka para pengguna akan dengan mudah untuk mendownload dengan kecepatan yang tinggi. Cara mengaktifkan fitur ini sangat mudah, langsung saja lihat panduan lengkapnya dibawah ini.

  1. Buka apk IDM
  2. Selanjutnya, Pilih download, lalu klik Pembatas kecepatan, pilih pengaturan
  3. Jika muncul tab terbaru, masukkan 20000 dikecepatan download
  4. Lalu aktifkan centang, lalu klik OK

Jika proses selesai, kalian bisa membedakan kecepatan sebelum dan sesudah mengaktifkan fitur tersebut. Namun, banyak sumber yang mengatakan jika cara ini tergolong work, dan bisa diandalkan untuk kebutuhan mendownload.

#2. Setting Connection

Yang lebih menarik dari aplikasi IDM adalah memungkinkan para penggunanya untuk mengatur sendiri tipe kecepatana secara bebas, dan sesuai keinginan masing-masing. Tapi, semua kembali lagi ke jaringan koneksi yang kalian pakai. Silahkan ikuti cara dibawah ini, untuk mempercepat download IDM dengan mudah. Begini caranya.

  1. Buka aplikasi IDM
  2. Kemudian sialhkan klik Download >> pilih Opsi
  3. Di jendela baru, kalian bisa pindah ke tab Koneksi
  4. Lalu ganti jenis koneksi tersebut (no. 2) dengan High Speed: Direct Connection (Ethernet/Cable) / Wifi / Mobile 4G / Other
  5. Dan silahkan ubah jumlah koneksi maksimal (No. 3) menjadi 32, terakhir tinggal klik OK

Untuk catatan, jika kecepatan download hanya lebih dari 1MBps saja kalian bisa mengubahnya menajdi 32. Tapi, kalau kecepatan download kalian tidak lebih 1MBps, kami sarankan untuk mengubahnya menjadi 16.

#3. Edit Registry

Perlu kalian ketahui, jika pengaturan registry windows memiliki pengaruh besar pada kecepatan donwload di IDM. Oleh karena itu, sebaiknya kalian ubah pengaturan registry pada laptop yang kalian gunakan. Untuk mengetahui bagaimana caranya, silahkan lihat panduan lengkapnya sebagai berikut.

  1. Silahkan masuk ke Run, dengan cara tekan tombol Windows + R
  2. Jika sudah, ketik Regedit >> klik Enter
  3. Jika telah terbuka, kalian bisa masuk ke folder Computer \ HKEY_CURRENT_USER \ Software \ DownloadManager
  4. Dan silahkan double klik pada Connection Speed, lalu ubah Value Data jadi 999999
  5. Terakhir klik Ok

#4. Gunakan Proxy

Proxy dibedakan dengan dua versi, yaitu versi gratis dan premium. Karena gratisan, tentu tidak akan menjamin kecepatan donwload sesuai keinginan, malah kecepatan menjadi turun. Berbeda dengan proxy premium yang tingkat kecepatannya tidak diragukan lagi. Bagi kalian yang sudha mempunyai proxy, langsung saja ikuti cara dibawah ini.

  1. Silahkan buka aplikasi IDM
  2. Selanjutnya, klik Donwload >> pilih Opsi
  3. Akan muncul jendela baru, lalu pindah ke tab Proxy / Shocks, lalu Manual Proxy / Socks Configuration, silahkan masukkan proxy yang kalian miliki pada kolom yang tersedia
  4. Terakhir klik OK

#5.IDM Optimizer (Bonus)

Cara selanjutnya adalah menggunakan IDM optimizer. Pertama, kalian harus mendownload terlebih dahulu aplikasi IDM Optimizer. Lalu silahkan ikuti cara dibawah ini.

  1. Setelah berhasil mengunduh apk, silahkan buka aplikasi tersebut
  2. Setelah itu, kalian bisa klik OptimizeIDM agar kinerja IDM bisa lebih optimal lagi, dan kecepatan download meningkat.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kalian coba praktekkan sendiri dirumah untuk bisa mempercepat download IDM. Namun, semua itu kembali lagi ke jaringan koneksi kalian, jika koneksi stabil kemungkinan besar semua cara bisa berhasil.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah informasi tentang cara mempercepat download IDM yang bisa kalian terapkan sendiri hanya dengan mengikuti beberapa langkah yang telah kami berikan diatas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih.

Anna Widiastuti
Anna Widiastuti

Jika kamu ingin mengenal dunia, membacalah. Jika kamu ingin dikenal dunia, menulislah

Leave a Comment