7 Aplikasi Nonton Drama Korea (Drakor) Gratis

Aplikasi nonton drama korea – Bagi sebagian orang yang menonton berbagai drama Korea yang masih gratis dan tidak ada sistem berlangganan, sehingga masih mengandalkan situs layanan streaming film ilegal. Misalnya, menonton melalui saluran LK21, IndoXXI, atau Telegram.

Mudah diakses dan tidak memerlukan langganan, tetapi menonton drama Korea secara ilegal bisa berbahaya. Selain merusak hak kekayaan intelektual (HAKI), bahaya lainnya adalah smartphone atau PC Anda bisa terkena malware berbahaya.

Oleh karena itu, para penggunanya didorong untuk menonton dan berlangganan drama Korea baik melalui aplikasi nonton drama korea berbayar maupun gratis atau situs resmi. Selain mudah diakses, juga menjamin keamanan, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika perangkat Anda terkena virus atau malware.

apk tonton drama korea terbaik

7 Aplikasi Nonton Drama Korea (Drakor) Gratis


1. Netflix

Aplikasi nonton drama korea atau drakor yang satu ini sangat populer di seluruh dunia. Tidak terkecuali Indonesia, dan Netflix menawarkan banyak fitur tontonan berkualitas tinggi yang tidak mengecewakan. Dimulai dengan film, drama, siaran televisi, dan tentunya drakor juga Ada banyak judul drama yang dikumpulkan oleh Netflix.

Mulai dari drama yang sudah berakhir masa tayangnya hingga drama yang masih tayang di negara asalnya. Jadi Anda memiliki banyak pilihan untuk memilih dan menonton drama sesuka Anda. Bagi yang tidak mengerti bahasa Korea, Anda bisa memilih subtitle bahasa Indonesia.

Untuk bisa mengakses semua fiturnya, Anda harus berlangganan akun Netflix terlebih dahulu. Dengan garansi, Anda tidak akan menyesal menggunakan aplikasi ini. Pasalnya, semua hiburan tersedia dalam bentuk tayangan full streaming. Jika anda tertarik silahkan download dan install aplikasinya secara gratis di playstore terlebih dahulu.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.netflix.mediaclient

Netflix

2. Viu

Dari awal episode hingga episode terbaru, ada banyak judul Drakor dengan episode yang bisa kamu pilih dan tonton sepuasnya di aplikasi Viu ini. Ada pilihan subtitle Indonesia dan Inggris yang bisa kamu pilih. Anda dapat menonton drakor di Viu dengan streaming online atau offline.

Anda bisa menontonnya secara offline untuk menghemat kuota internet. Namun, saat menonton secara offline, tidak banyak pilihan judul drama yang bisa dipilih. Saat menonton online, Anda mungkin akan terganggu oleh iklan yang sering muncul di layar gadget Anda.

Jika Anda tertarik melihat drakor melalui Viu, Anda bisa langsung mendownload dan menginstal aplikasinya secara gratis dari Play Store. Dengan ukuran file yang hanya 14MB dan sudah bisa dipasang di gadget dengan spesifikasi OS Android minimal 4.3.

Link | Download

Viu

3. MAXStream

MAXStream dianggap juga sebagai salah satu aplikasi nonton drakor yang sepertinya sedang populer di Indonesia. Terutama yang menggunakan provider kartu Telkomsel. Pasalnya, aplikasi ini dirilis oleh perusahaan telkom sebagai pilihan konsumen.
Secara umum, MAXStream berisi konten dan fitur hiburan yang sangat lengkap. Anda bisa menonton film, acara TV di banyak channel baik domestik maupun internasional, dan tentunya banyak judul drama yang bisa di streaming.

Aplikasi ini memiliki menu bernama Saranghaeyo. Buka, dan Anda dapat menemukan pilihan judul drama terbaru. Bahkan, Anda bisa menonton judul-judul drama yang ditayangkan di negara asal Anda di MAXStream.

Dengan begitu, Anda tidak akan melewatkan setiap episode. Ada banyak genre drama yang bisa kamu tonton. Mulai romansa, aksi, thriller, komedi, dan lainnya. Silahkan pilih drama yang ingin kamu tonton. Aplikasi ini dapat diinstal di gadget Anda melalui PlayStore. Ukuran filenya hanya 38MB. Aplikasi ini hanya dapat diinstal pada gadget dengan OS Android 4.4 ke atas.

Link | Download disini

MAXStream

4. Viki

Ada lagi aplikasi nonton drama bernama Viki yang kami rekomendasikan untuk dipasang di gadget anda. Aplikasi ini memiliki banyak koleksi judul drama, anda hanya Pilih saja judul drama favorit yang ingin di tonton.

Anda dapat menonton streaming semua judul, walaupun ada beberapa yang tak tersedia. Temukan saja waktu luang Anda sehingga Anda dapat melihatnya dengan nyaman. Dijamin Anda akan senang melihat Drakor tanpa merasa bosan sama sekali.

Bagaimanapun, Viki memiliki lebih dari sekadar koleksi drama. Ada juga drama Jepang, Cina, dan Thailand. Anda tidak perlu khawatir tentang kendala bahasa saat melihatnya. Pasalnya ada pilihan subtitle bahasa Indonesia yang bisa kamu pilih.
Dengan begitu, Anda bisa memahami cerita dari drama yang Anda tonton, dan kendala bahasa pun hilang. Jika Anda sudah menginstalnya, jangan lupa untuk mendaftar dan membuat akun. Kemudian Anda dapat menikmati semua fitur-fiturnya.

Jika mau, Anda bisa menggunakan aplikasi Viki untuk mengajak keluarga dan teman dekat menonton drama bersama. Dilihat banyak orang, dijamin makin seru dan asyik. Jika Anda tertarik, Anda dapat menemukan file download aplikasinya di PlayStore. Kemudian segera instal aplikasinya secara gratis.

Viki

5. Ifflix

Aplikasi nonton drama yang satu ini dibuat dan dirilis oleh developer ImageFuture dan sangat populer di Indonesia, terutama bagi pecinta drama. Alasannya adalah bahwa ada banyak hal yang dapat Anda streaming untuk memilih genre judul Drakor yang berbeda.

Anda juga dapat menggunakan fungsi K-flix. Sebuah fitur yang memungkinkan Anda menemukan banyak judul drama yang bisa Anda tonton secara gratis di gadget Anda. Oleh karena itu, yang harus Anda lakukan adalah menginstal dan membuka aplikasinya saja. Kemudian Anda dapat menonton judul drama gratis.

Namun, jika Anda ingin menikmati semua fitur dan semua judul drama tanpa kecuali, Anda harus mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu. Anda akan diminta untuk mengisi kolom yang disediakan, mirip dengan membuat akun di aplikasi biasa. Selain mendaftar dan membuat akun baru, Anda perlu berlangganan Iflix jika ingin memanfaatkan fitur premium. Karena namanya hanya berlangganan, Anda harus membayar nominal tertentu setiap bulan.

Namun, jangan khawatir, biaya berlangganan tetap terjangkau. Selain itu, anda dijamin akan puas dengan banyaknya tayangan drama. Download aplikasinya dari PlayStore iflix drakor dan install di gadget Anda. Untuk Ukuran filenya sendiri hanya 25MB dan bisa dipasang di gadget dengan OS Android minimal 4.3.

Ifflix

6. iQIYI

Selanjutnya ada aplikasi tontonan drama bernama iQIYI. Artikel ini juga menyarankan untuk menginstal aplikasi ini di gadget Anda. Kemudian Anda dapat menonton drama sepuasnya. iQIYI sendiri diketahui telah dirilis oleh developer bernama sama asal China.

Maka tak heran jika di dalamnya banyak sekali film dan drama China yang bisa kamu tonton secara streaming. Tapi jangan khawatir. Aplikasi ini memiliki banyak koleksi sehingga Anda dapat terus melihat drakor.

Ada menu bernama K-Drama Selection yang memuat banyak judul Drakor. Anda bisa memilih judul drama yang ingin kamu tonton secara gratis. Yang pasti kalau mau nonton drama dan drama lainnya di iQYI nggak perlu subscribe.

Cukup download dan instal aplikasi dari PlayStore, yang memiliki ukuran file berbeda tergantung pada perangkat gadget Anda. Minimal, aplikasi ini dapat diinstal pada gadget berbasis Android versi 4.4 ke atas.

iQIYI

7. WeTV

WeTV juga merupakan aplikasi populer untuk menonton drama yang masih eksis hingga saat ini. Aplikasi ini mengumpulkan banyak judul drakor dari berbagai genre. Mulailah dengan romansa romantis, komedi, latar belakang raksasa atau kerajaan, aksi, dan banyak lagi.

Semua judul drama ini gratis untuk ditonton di gadget kamu. Dengan subtitle bahasa Inggris, Anda harus senang melihat setiap judul. Dengan begitu, kamu bisa mengikuti jalan cerita dengan lebih nyaman. Setiap judul drakor bisa berisi puluhan hingga puluhan episode. Setiap episode berdurasi sekitar 60 menit. Oleh karena itu, perlu dibuat jadwal menonton drama tersebut agar waktu dan pergerakan harian tidak berbenturan.

Aplikasi ini mirip dengan Netflix asli karena banyaknya judul serial drama yang dibuat oleh WeTV sendiri. Jadi ceritanya benar-benar orisinal dan mungkin cocok untuk kamu tergantung genre dan jalan cerita yang ditampilkan.

Setiap judul memiliki gambaran, jadi silakan pilih drama yang sesuai dengan selera Anda. Aplikasi yang dibuat oleh pengembang Image Future ini dapat ditemukan di PlayStore. Ukuran filenya sendiri hanya 47MB dan Dapat diinstal pada gadget dengan spesifikasi OS minimal Android versi 4.4.

WeTV

Bagaimana awal mulaPoduksi dan Proses pembuatan Film Drakor?


Awal Mula Poduksi

Serial Korea awalnya diproduksi sendiri oleh saluran televisi itu sendiri, tetapi telah dialihdayakan ke perusahaan independen sejak tahun 2000-an. Pada tahun 2012, sebanyak 75% dari semua K-drama diproduksi dengan cara ini. Persaingan sangat ketat di antara perusahaan-perusahaan ini; dari 156 perusahaan terdaftar, hanya 34 di antaranya yang memproduksi drama yang benar-benar ditayangkan pada tahun 2012.

Pada akhir 2010-an, sebuah drama khas Korea mungkin menelan biaya sebanyak ₩700 juta per episode. Drama sejarah memiliki anggaran yang lebih besar; satu episode roman sejarah The Red Sleeve berharga sebanyak ₩ 950 juta.

Baru-baru ini, faktor-faktor seperti meningkatkan lingkungan kerja, bersama dengan apakah akan menandatangani kontrak dengan perusahaan OTT dalam dan luar negeri seperti Netflix telah berfungsi sebagai variabel. Misalnya, Kingdom memiliki anggaran ₩2 miliar per episode, sedangkan ₩3 miliar dihabiskan untuk setiap episode Sweet Home.

Seringkali, perusahaan produksi membanjiri anggaran mereka dan tidak dapat membayar gaji. Pada 2012, para aktor mengadakan demonstrasi di depan markas KBS, mengungkapkan keprihatinan mereka. Aktor biasanya dibayar setelah episode terakhir ditayangkan.

Dalam seri yang dibuat oleh perusahaan produksi yang lebih kecil, ada kasus di mana perusahaan bangkrut dan tidak dapat membayar aktor dan kru mereka, sementara saluran tersebut menyangkal semua tanggung jawab, mengklaim semua tanggung jawab ada pada perusahaan produksi yang bangkrut.

Produser Kim Jong-hak menghabiskan ₩10 miliar untuk Faith, yang dianggap sebagai kegagalan komersial, yang mengakibatkan ketidakmampuan Kim untuk membayar gaji kru dan biaya overhead lainnya. Kim, yang telah memproduksi drama ikonik seperti Eyes of Dawn dan Sandglass, bunuh diri setelah dia dituduh melakukan penggelapan.

Bintang-bintang terbesar mungkin menghasilkan lebih dari ₩200 juta per episode, dengan Kim Soo-hyun, pemeran utama drama hit Moon Embracing the Sun (2012), My Love from the Star (2013) dan It’s Okay to Not Be Okay (2020) dilaporkan menerima ₩500 juta per episode untuk One Ordinary Day pada tahun 2021.

Proses pembuatan Film Drakor

Karena memproduksi serial melibatkan biaya tinggi, perusahaan produksi berusaha untuk merekam episode dalam waktu sesingkat mungkin. Berbeda dengan praktik di tempat lain, empat episode pertama dari seri Korea biasanya diambil terlebih dahulu, tetapi sisanya diambil terus menerus saat serial ini ditayangkan.

Skrip belum selesai sebelumnya, dan dapat berubah sesuai dengan umpan balik pemirsa dan peringkat penayangan, di mana karakter populer menerima peningkatan waktu layar dan alur cerita diubah agar sesuai dengan harapan audiens. Perubahan ini dapat terjadi beberapa jam sebelum syuting setiap hari, dan kru mungkin hanya menerima beberapa halaman yang sudah siap.

Produksi biasanya bekerja dengan tiga kru kamera, yang bekerja secara bergilir untuk mempercepat pembuatan film. Karena perubahan naskah yang tidak diatur dan jadwal syuting yang ketat, para aktor hampir terus-menerus bersiaga, dan tidak punya waktu untuk meninggalkan lokasi syuting atau tidur dengan benar.

Media Korea memiliki kata terpisah untuk menggambarkan tidur pendek yang tidak teratur yang digunakan para aktor, dalam posisi yang sering tidak nyaman, atau di dalam set: jjok-jam (쪽잠), atau “tidur sampingan”. Drama biasanya ditayangkan pada dua hari setiap minggu, dengan episode berikut harus diambil dalam lima hari campur tangan.

Beberapa aktor Korea telah mengaku menerima terapi IV selama pembuatan film, karena jadwal yang ekstrem dan kelelahan. Meskipun demikian, model live-shoot tetap digunakan secara luas karena tim produksi dapat bereaksi terhadap umpan balik penonton secara real time.

Tim produksi awalnya mengirim dua kaset ke saluran; salinan utama dan salinan cadangan. Namun, karena jadwal syuting yang ketat, episode berdurasi 70 menit mungkin tiba di stasiun penyiaran dengan tujuh kaset terpisah dalam angsuran sepuluh menit.

Kebetulan saat episode sedang disiarkan, kru masih akan syuting menit-menit terakhir atau memotong sisa episode. Selama penayangan episode kesembilan belas Man from the Equator, layar di seluruh negeri menjadi hitam selama 10 menit.

Aktor Kwon Sang-woo secara terbuka mengeluh bahwa dia masih syuting King of Ambition 30 menit sebelum episode terakhir mulai ditayangkan. Di Korea Selatan, beberapa tim produksi masih melakukan perencanaan dan penjadwalan secara manual, alih-alih menggunakan perangkat lunak khusus.

Pada tahun 2016, drama seperti Descendants of the Sun, Uncontrollably Fond, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan Hwarang: The Poet Warrior Youth semuanya telah diproduksi sebelumnya sebelum ditayangkan. Meskipun demikian, beberapa episode pra-produksi sering diedit ulang atau bahkan direkam ulang pada hari penayangan, karena umpan balik penonton.

Perusahaan penyiaran yang lebih besar memiliki lokasi syuting khusus mereka sendiri untuk drama sejarah, dengan set yang luas dan rumit. Serial MBC diambil di Taman Yongin Daejanggeum di Provinsi Gyeonggi, sementara drama KBS menggunakan Studio Mungyeongsaejae (문경새재 KBS촬영장) di Provinsi Gyeongsang Utara dan studio mereka di Suwon.

Akhir Kata

Dan itulah berbagai macam informasi terkait daftar 7 Aplikasi Nonton Drama Korea (Drakor) Gratis yang Pastinya Anda bisa memenuhi keinginan Anda untuk terus mengupdate acara-acara Drakor kesayangan Anda dan Saat ini juga tentunya sudah banyak aplikasi nonton Drakor subtitle indonesia. Namun, hanya sedikit yang memiliki kualitas gambar keren dan fitur hebat.

hendra feri