Cara Root Android

Cara Root Android – Banyak alasan tertentu yang membuat orang memilih perangkat anroid. Salah satu keunggulan lainnya adalah bisa mengutak-atik sistem operasi sesuai kebutuhan. Tujuannya adalah untuk mengubah tampilan atau kinerja di android agar bisa menjadi lebih optimal lagi, namun kalian harus melakukan root terlebih dahulu pada perangkat android yang kalian miliki.

Bagi yang belum paham, menurut wikipedia root merupakan proses yang mampu mengizinkan pengguna smartphone untuk menjalankan sistem operasi di android, agar bisa mendapatkan kontrol dan kinerja lebih tinggi dari sebelumnya dari subsistem android. Misalnya, dengan android yang telah melalui proses root, kalian bisa menghapus aplikasi bawaan dari smartphone. Seperti yang kita ketahui, jika aplikasi bawaan tidak akan bisa dihapus.

Tapi, jika salah satu dari kalian masih belum paham tentang cara melakukan root. Tidak perlu cemas, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa root di android tanpa PC. Melainkan dengan menggunakan aplikasi yang akan kami jelaskan dibawah ini. Nah, jika kalian penasaran langsung saja simak artikel ini sampai selesai.

Cara Root Android

Cara Root Android Tanpa PC

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk melakukan root tanpa PC, seperti memanfaatkan beberapa aplikasi yang ada di Playstore. Namun sebaiknya ketahui terlebih dahulu resiko sebelum melakukan root, seperti tidak akan ada garansi lagi dari toko smartphone yang kalian gunakan.

Selain itu, pastikan juga kalian memiliki koneksi internet yang stabil agar proses bisa dilakukan dengan lancar. Sebaiknya, langsung saja simak ulasannya sebagai berikut.

#1. Framaroot

Cara pertama adalah memanfaatkan aplikasi Framaroot, aplikasi ini sangat populer dan bisa diandalkan karena memiliki kemampuan terbaik untuk proses root. Cara menggunakannya pun simpel, kalian tidak perlu lagi menggunakan PC dan sebagainya. Banyak sekali kelebihan di framaroot diantaranya, memiliki ukuran yang kecul, terdapat fitur install SuperUser, SuperSU, hingga unroot. Begini caranya.

  1. Pertama, unduh dan install Framaroot apk
  2. Lalu buka aplikaisnya, dan pilih SuperUser / SuperSU secara bebas
  3. SuperUser / SuperSU ini berguna untuk mengizinkan akses full di android kalian. Keduanya mirip, namun SuperSU memiliki banyak fitur.
  4. Akan ditampilkan pilihan Aragon dan Gandalf yang berguna untuk root di android, silahkan tentukan dengan jenis gadget yang kalian gunakan
  5. Jika sudah, tunggu beberapa saat sampai proses root seesai
  6. Dan apabila muncul pemberitahuan, maka klik OK
  7. Lalu reboot gadget kalian masing-masing, lalu lihat aplikasi SuperSU dan SuperUser sudah ada

#2. 360 ROOT

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi 360 root. Namun, aplikasi ini tidak user friendly dan bahasa yang digunakan adalah bahasa china. Dan kebanyakan para pengguna aplikasi ini adalah sebagai jalan alternatif, jika aplikasi lainnya tidak bisa digunakan. Namun, banyak kelebihan yang bisa kalian temukan di 360 root. Untuk itu, simak cara menggunakan aplikasi 360 Root yang akan kami jelaskan dibawah ini.

  1. Silahkan unduh dan install aplikasinya
  2. Setelah itu, buka aplikasi lalu klik Root
  3. Tunggu hasilnya sampai root selesai, pastikan jika koneksi internet kalian stabil
  4. Jika muncul centang dan menu root ada diatas, maka proses root telah berhasil dilakukan
  5. Selesai

#3. KingRoot

Siapa yang tidak tahu kingroot, aplikasi ini telah support 104.136 jenis gadget apa saja. Dan keunggulan lainnya adalah jika aplikasi ini bisa berjalan dengan normal di android 6.0 marshmallow. Selain itu, aplikasi ini gratis dan tidak ada iklan Kingroot juga mudah digunakan. Berikut cara menggunakannya.

  1. Pastikan unduh dan install Kingroot apk
  2. Setelah itu, buka aplikasi dan klik Try It
  3. Selanjutnya, klik Get Now agar bisa memulai proses root
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses root selesai

Nah kira-kira seperti itu cara simpel yang ditawarkan aplikais kingroot untuk melakukan root dengan cepat. Jika semua proses selesai, maka android kalian sudah berhasil di root.

Cara Cek Status Root di HP Android

Ada pun cara untuk mengetahui status root di smartphone android yang bisa kalian coba untuk memastikan berhasil atau tidaknya. Oleh karena itu sebaiknya silahkan simak pembahasan sebagai berikut.

  1. Pertama, unduh dan install aplikasi root checker di Playstore
  2. Jika sudah, lalu buka aplikasi tersebut
  3. Klik opsi Verifikasi Root
  4. Jika muncul dialog SuperUser, lalu klik izinkan
  5. Sete;ah itu, maka status root akan muncul pada layar smartphone kalian
  6. Selesai

Nah itulah cara mudah mengecek status root dengan menggunakan aplikais root checker yang bisa kalian dapatkan secara gratis di playstore. Jika proses root gagal, maka kalian bisa mengulangi cara yang sama sampai berhasil.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah sedikit informasi tentang cara root android tanpa PC untuk bisa kalian praktekkan sendiri. Tanpa bantuan perangkat lainnya, kalian bisa dengan mudah melakukan root melalui aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis lewat Google playstore. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Anna Widiastuti

Jika kamu ingin mengenal dunia, membacalah. Jika kamu ingin dikenal dunia, menulislah

Leave a Comment